Apa Penyebab Batu Ginjal

Apa Penyebab Batu Ginjal. Ginjal kita bertindak sebagai filter darah dan membantu dalam menghilangkan produk-produk limbah dari tubuh. Seiring dengan itu organ juga membantu mengontrol kadar elektrolit untuk fungsi efektif dari tubuh. Materi limbah dalam bentuk urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih melalui ureter. Namun, dalam kasus-kasus tertentu bahan kimia hadir dalam urin mengkristal untuk membentuk batu ginjal atau renal calculi. Batu-batu kristal keras terbentuk dalam ginjal atau saluran kemih dan dapat berkisar dari yang sangat kecil ketika mereka terbentuk dan secara bertahap berkembang dari waktu ke waktu. Sementara urolitiasis adalah kondisi dimana batu ginjal yang hadir dalam saluran kemih, nefrolitiasis mengacu pada batu di ginjal.

Apa Penyebab Batu Ginjal

Apa Penyebab Batu Ginjal

Baik batu ginjal seorang ada dalam ginjal atau saluran kemih, menyebabkan sakit parah di perut atau selangkangan. Mereka juga alasan yang paling umum untuk adanya darah dalam urin. Hal ini diyakini bahwa 1 dari setiap 20 orang mengembangkan batu ginjal pada beberapa titik waktu dalam hidup mereka. Jadi apa yang menyebabkan batu ginjal? Ya, ada banyak alasan untuk munculnya batu ginjal pada pria maupun wanita.

Penyebab Batu Ginjal

Penurunan Volume Urin: Penurunan volume urine bersama dengan kehadiran kelebihan zat pembentuk batu dalam urin dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Bahan kimia yang paling sering hadir dalam batu ginjal termasuk kalsium dengan baik oksalat atau fosfat. senyawa kimia seperti asam urat dan sistin asam amino juga dapat membantu dalam pembentukan batu ginjal.

Dehidrasi: Dehidrasi disebabkan sebagai akibat dari asupan cairan kurang meningkatkan risiko batu ginjal. Selain itu, olahraga berat dengan penggantian cairan yang tidak memadai menyebabkan keluar keringat juga dapat menyebabkan batu ginjal.

Kondisi Medis Tertentu: Sejumlah kondisi medis dapat menyebabkan peningkatan risiko untuk mengembangkan batu ginjal:

  • Hasil encok karena peningkatan jumlah asam urat dalam urin dan dapat menyebabkan pembentukan batu asam urat
  • Hiperkalsiuria atau kalsium yang tinggi dalam urin merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan batu. Ketika kelebihan kalsium diserap dari makanan dan diekskresikan ke dalam urin, kalsium fosfat atau batu kalsium oksalat terbentuk
  • Penyakit ginjal seperti asidosis tubulus ginjal atau kondisi metabolik yang diwariskan seperti cystinuria juga dapat mengakibatkan batu ginjal
  • Orang yang menderita penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi semakin berisiko terkena kondisi ini
  • Penyakit radang usus atau orang yang memiliki bypass usus juga lebih mungkin untuk mengembangkan batu ginjal
  • Obat: obat tertentu seperti Topiramate, obat yang biasa diresepkan untuk mengobati sakit kepala migrain dan kejang dapat meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal. Obat-obatan seperti diuretik, kalsium yang mengandung antasida atau obat tertentu yang digunakan untuk mengobati infeksi terkait HIV, juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Selain beberapa penyebabnya batu ginjal lainnya meliputi:

  • Makanan tinggi protein dan sodium tapi rendah kalsium
  • Gaya hidup aktif
  • Obesitas dan berat badan
  • Batu ginjal lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita
  • Orang antara usia 30 dan 50 lebih rentan untuk mengalaminya
  • Suatu riwayat keluarga batu ginjal atau mewarisi resiko batu ginjal
  • Kejadian sebelumnya batu ginjal di masa lalu
  • Hal ini diyakini bahwa ras Kaukasia (kulit putih) lebih sering terkena daripada ras lain

Gejala Batu Ginjal

Ketika perjalanan batu ginjal ini dari ginjal ke kandung kemih mereka dapat menyebabkan sakit parah di paha atau mengakibatkan muntah dan mual. Hal ini disertai dengan adanya darah atau nanah dalam urin atau sensasi terbakar saat kencing. Jika hasil batu dalam bentuk apapun dari infeksi saluran kemih, seseorang bisa menderita demam dan menggigil.

Diagnosa dan Pengobatan

Untuk mendiagnosis adanya batu ginjal dokter dapat memeriksa Anda dan mungkin melakukan tes pencitraan, seperti sinar-X untuk memeriksa ginjal dan saluran kemih. Untuk mengetahui penyebab batu ginjal, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk mengumpulkan urin Anda selama 24 jam atau melakukan tes darah.

Dalam rangka untuk mengobati batu ginjal, dokter akan menyarankan obat sakit tertentu dan merekomendasikan konsumsi cukup air dan cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi. Namun, dalam kasus batu itu terlalu besar untuk masuk sendiri, atau jika itu akan terjebak dalam saluran kemih, Anda mungkin perlu pengobatan batu ginjal tertentu yang dikenal sebagai extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Metode ini menggunakan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil sehingga mereka dapat keluar dari tubuh Anda melalui urin Anda.

Untuk mencegah siksaan yang menyakitkan adalah penting orang rentan terhadap batu ginjal mendapatkan minum cukup air untuk menjaga urin Anda bersih, sekitar 8 sampai 10 gelas air sehari. Tetap terhidrasi, mengkonsumsi makanan batu ginjal yang sesuai dan direkomendasikan dan di atas semua pemahaman apa yang menyebabkan batu ginjal, membuat mineral dari berkonsentrasi dan membentuk batu. Selain dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk mencegah beberapa jenis batu bagi individu yang berada pada risiko yang lebih tinggi.

Artikel terkait Apa Penyebab Batu Ginjal:

1 Comment

Add a Comment
  1. Minta reseb obat utk menghancurkan batu ginjal yang terjebak disaluran kantong kemi. Mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014