Apakah Infeksi Sinus Menular

By | March 16, 2014

Apakah Infeksi Sinus Menular? Sebuah infeksi sinus bukanlah penyakit menular. Namun, jika hasil dari infeksi virus seperti pilek, maka patogen penyebab dapat ditularkan dari orang ke orang. Informasi lebih lanjut mengenai hal ini telah disediakan dalam artikel berikut.

Secara teknis, infeksi sinus (sinusitis) bukan infeksi, tetapi mengacu pada peradangan atau pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus. Pembengkakan atau peradangan tersebut terjadi ketika sinus tertutup dan berisi cairan (lendir). Umumnya, infeksi virus seperti pilek menyebabkan mereka membengkak. Infeksi sinus mungkin juga hasil dari infeksi bakteri sekunder, dan infeksi jamur.

Apakah Infeksi Sinus Menular

Dapatkah Infeksi Sinus Menular pada yang Lainnya?

☛ Jika sinusitis Anda adalah adalah hasil dari infeksi virus seperti flu biasa (yang dalam banyak kasus), maka Anda dapat menyebabkan perpindahan virus untuk orang lain. Sekarang, virus ini kemungkinan akan menyebabkan flu juga pada orang lain, tetapi belum tentu infeksi sinus.

Apa bakteri Sinusitis itu?

☛ Sinusitis bakteri biasanya merupakan komplikasi yang timbul dari sinusitis virus. Bakteri biasanya hadir dalam hidung dan tenggorokan. Sebuah infeksi virus sinus akan menyebabkan lendir tersumbat pada penderita, hal ini akan menciptakan lingkungan yang lembab. Jadi, bakteri mengambil keuntungan dari keadaan ini, dan mulai tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan infeksi bakteri dalam sinus.

Menurut para ahli, pada kebanyakan orang, infeksi sinus dimulai sebagai infeksi virus tetapi berubah menjadi infeksi bakteri setelah 7-10 hari. Karena bakteri yang menyebabkan infeksi, tinggal di sinus, tidak mungkin bagi seseorang yang bersinggungan dengan mereka akan terinfeksi. Bakteri dapat ditularkan dari orang ke orang, asalkan mereka menemukan kondisi yang tepat. Dengan kata lain bakteri tidak dapat menyebabkan infeksi.

Infeksi Sinus Disebabkan oleh Faktor Lain

☛ Beberapa kasus infeksi sinus mungkin dipicu oleh tumor hidung, penyimpangn septum hidung, alergi, iritasi, atau kondisi seperti cystic fibrosis dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Bahkan jenis tertentu seperti infeksi sinus tidak menular sama sekali.

Gejala Umum terkena Infeksi Sinus

  1. Lendir menetes pada tenggorokan di belakang hidung
  2. sakit tenggorokan
  3. Nyeri tetap di sekitar sudut dalam salah satu atau kedua mata atau di bawah satu sisi hidung
  4. Nyeri berdenyut, biasanya di dahi
  5. Pelepasan cairan hidung yang tebal (kuning, dan memiliki bau yang tidak sedap)
  6. Sakit kepala, biasanya memburuk saat batuk, melirikan mata, membungkuk atau berbaring di belakang.
  7. Nyeri di tulang pipi, rahang, gigi, rahang bergerak memperburuk nyeri tersebut
  8. Tulang pipi mungkin tampak bengkak, sakit atau merah
  9. Demam (tergantung penyebabnya)
  10. nyeri telinga
  11. napas busuk

Artikel lainnya: Bagaimana Sinusitis Memicu Infeksi Telinga Gejala Akibat Infeksi Sinusitis yang tidak Diobati Contoh Antibiotik Efektif untuk Infeksi Sinus Cara Meringankan Tekanan dan Pusing Sinusitis Tanda Gejala Infeksi Sinus Akut Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *