Bentuk Molekul Teori Domain Elektron

By | April 18, 2014

Bentuk Molekul Teori Domain Elektron – Metode yang dapat digunakan untuk meramalkan bentuk molekul adalah model rumus titik-elektron yang diperluas menjadi teori domain elektron atau teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR, Valence Shell Electron Pair Repulsion). Seperangkat aturan dikemas ke dalam teori domain elektron yang memungkinkan Anda dapat meramalkan bentuk molekul secara tepat. Teori ini didasarkan pada jumlah pasangan elektron ikatan dan pasangan elektron bebas dalam kulit valensi atom pusat suatu molekul. Teori ini menyatakan bahwa bentuk molekul dapat ditentukan berdasarkan tolakan pasangan elektron dalam kulit valensi atom pusat. Oleh karena itu, teori ini disebut teori domain elektron atau VSEPR. Bagaimana teori ini dapat diterapkan untuk memprediksi bentuk suatu molekul? Untuk mempermudah mempelajarinya, molekul-molekul akan dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu molekul-molekul yang memiliki atom pusat:

1. berikatan kovalen tunggal yang jenuh;

2. berikatan kovalen tunggal yang tidak jenuh (memiliki elektron bebas); dan

3. berikatan kovalen rangkap.

1. Bentuk Molekul Tanpa Elektron Bebas

Simak molekul BeCl2 dengan menggunakan rumus Lewis yang ditunjukkan Gambar 2.2. Sebagai atom pusat adalah berilium dengan dua elektron valensi. Kedua elektron tersebut digunakan untuk berikatan kovalen dengan atom-atom klorin membentuk dua ikatan kovalen tunggal.

Gambar 2.2 (a) Struktur Lewis BeCl2 (b) Bentuk molekul BeCl2 (linear)

Gambar 2.2 (a) Struktur Lewis BeCl2 (b) Bentuk molekul BeCl2 (linear)

Pasangan elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat akan mengalami tolakan disebabkan muatannya sejenis. Guna meminimalkan tolakan tersebut maka pasangan elektron ikatan akan menjauh satu sama lain. Menurut pendapat Anda, pada posisi bagaimana tolakan akan minimal? Tolakan minimum dicapai jika pasangan elektron ikatan berada pada posisi dengan sudut 180°. Oleh karena sudut ikatan yang terbentuk antara atom klorin dan atom klorin yang lain melalui titik pusat (atom Be) membentuk 180° maka bentuk molekul yang paling mungkin adalah linear. Sekarang, tinjau molekul dengan tiga pasang elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat. Contoh dari molekul ini adalah boron triklorida, BCl3, rumus Lewisnya ditunjukkan Gambar 2.3a.

Gambar 2.3 (a) Struktur Lewis BCl3 (b) Bentuk molekul BCl3 (trigonal planar).

Gambar 2.3 (a) Struktur Lewis BCl3 (b) Bentuk molekul BCl3 (trigonal planar).

Tiga pasang elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat berusaha meminimalkan tolakan dengan cara memposisikan sejauh mungkin satu sama lain. Tolakan akan minimum jika ketiga pasang elektron ikatan berada pada posisi 120° satu sama lain. Akibatnya, bentuk molekul yang terbentuk adalah trigonal planar dengan atom pusat berada di tengahtengah segitiga. Sudah pahamkah Anda dengan dua contoh bentuk molekul pada Gambar 2.3? Jika belum paham, simak contoh penerapan teori domain elektron dalam bentuk molekul yang lain.


Artikel lainnya: Asal Molekul Organik Tiga Jenis Molekul RNA Menentukan Bentuk Struktur Molekul Menentukan rumus molekul senyawa Menentukan Massa Molekul Relatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *