Cara Kerja Elektroskop

By | March 15, 2014

Cara Kerja Elektroskop - Anda telah mengetahui bahwa dengan menggosok, anda dapat memperoleh muatan listrik. Muatan listrik dapat pula diperoleh dengan menyentuhkan benda yang tidak bermuatan kepada benda yang bermuatan. Pada akhirnya kedua benda tersebut memiliki muatan dengan tanda yang sama. Proses demikian ini disebut cara konduksi atau kontak. Jika benda yang bermuatan positif didekatkan pada batang logam netral, namun tidak disentuhkan, apa yang terjadi? Lihat Gambar 7.6.

Gambar 7.6 Memberi muatan dengan cara induksi.

Gambar 7.6 Memberi muatan dengan cara induksi. (a) Batang logam netral, (b) Batang logam secara keseluruhan netral, namun terjadi pemisahan muatan listrik pada batang tersebut.

Pada Gambar 7.6 elektronelektron pada batang logam netral tidak meninggalkan logam, namun

akan bergerak menuju benda bermuatan positif, dan meninggalkan muatan positif di ujung lain. Walaupun secara keseluruhan batang logam tersebut netral, namun pada batang logam tersebut terjadi pemisahan muatan. Jika kita dapat memotong logam tersebut, maka kita akan memperoleh dua potong logam dengan muatan listrik yang tidak sejenis. Pemuatan listrik dengan cara demikian disebut pemuatan secara induksi.

Keberadaan muatan listrik pada sebuah benda dapat diketahui dengan elektroskop. Bangun elektroskop terdiri atas dua buah daun logam tipis yang dipasang pada ujung batang logam. Ujung lain batang itu biasanya dipasang bola logam (knob). Untuk menghindarkan dari berpindahnya muatan ke udara bebas, batang tersebut dimasukkan ke dalam kaca.

Gambar 7.7 Elektroskop dan cara kerjanya.

Gambar 7.7 Elektroskop dan cara kerjanya.

Perhatikan Gambar 7.7. Elektroskop, pada saat netral daun-daun logam menguncup; saat sisir ber-muatan negatif didekatkan, elektron pada batang logam terdorong menuju daun elektroskop, dan daun mekar; saat kaca bermuatan positif didekatkan elektron pada batang logam bergerak ke knop, sehingga daun bermuatan positif, dan daun mekar.

Misalkan anda mendekatkan sisir bermuatan negatif pada knob elektroskop. Elektron-elektron pada batang logam akan terdorong menuju dua daun elektroskop, sedangkan pada knop akan mengumpul muatan positif. Kedua daun tersebut mendapatkan elektron, sehingga bermuatan negatif. Akibatnya kedua daun tersebut tolak-menolak dan mekar. Dapatkah anda menjelaskan, apa yang terjadi jika batang kaca yang bermuatan positif didekatkan pada elektroskop?


Artikel lainnya: Cara Kerja Antibodi Cara Kerja Satelit dan Modem Cara Kerja Wireless Cara Kerja (Mekanisme) Enzim Mekanisme Cara Kerja Otot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *