Ciri-ciri Umum Dunia Tumbuhan (Plantae)

By | August 29, 2014

Ciri-ciri Umum Dunia Tumbuhan (Plantae)- Ciri-ciri Dunia tumbuhan mudah dikenali, karena tampak sehari-hari. Dalam tulisan ini akan digambarkan secara umum ciri-ciri dari dunia tumbuhan. Berikut uraian dari ciri-ciri umum dunia tumbuhan.

Warna-warni daun dan bunga menampilkan rona dan pemadangan yang menarik bagi kita. Tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup yang mampu membuat makannanya sendiri, karena memiliki zat hijau daun (klorofil) yang sudah tersusun dalam organel khusus yaitu kloroplas. Adanya kloroplas ini memungkinkan tumbuhan mampu mensintesis makanannya dari zat-zat anorganik melalui proses fotosintesis. Dengan kata lain tumbuhan tergolong dalam makhluk autotrof.

Dunia tumbuhan (Plantae) mencakup semua organisme multiseluler, autotrop, fotosintetik. Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum. Akan tetapi, ternyata tidak semua organisme dengan ciri seperti itu dapat digolongkan sebagai tumbuhan. Bagaimana dengan ganggang hijau? Kamu tahu ganggang ini bersifat fotosintetik! Jika demikian, bagaimanakah membedakan ganggang multiseluler dengan tumbuhan? Tumbuhan merupakan organisme yang sepenuhnya menyesuaikan diri dengan kehidupan di darat, meskipun beberapa di antaranya hidup di air seperti teratai. Oleh karena itu, tumbuhan (Plantae) berupa kormus (memiliki akar, batang dan daun sejati), bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan, seperti cahaya, CO2, air, dan mineral diperoleh melalui berbagai proses yang terjadi pada ketiga organ tersebut. Selain itu, semua tumbuhan memiliki kloroplas dengan klorofil a dan klorofil b. Ganggang hijau diketahui hanya memiliki klorofil b.

Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, tumbuhan (Plantae) dibagi dalam beberapa divisio. Termasuk di dalamnya jenis-jenis tumbuhan golongan lumut, paku-pakuan, dan tumbuhan berbiji. Perhatikan tabel klasifikasi tumbuhan di bawah ini!

Tabel Klasifikasi tumbuhan

Divisio

Nama Umum

Tumbuhantidakberpembuluh Bryophyta Lumut daun
Hepatophyta Lumut hati
Anthocerophyta Lumut tanduk
Tumbuhanberpembuluh Tidak berbiji Lycophyta Paku kawat
Sphenophyta Paku ekor kuda
Pterophyta Paku sejati
Berbiji Tumbuhan berbiji Coniferophyta Konifer
 terbuka Cycadophyta Sikas
(Gymnospermae) Ginkgophyta Ginkyo
Gnetophyta Melinjo
Tumbuhan berbiji Anthophyta Tumbuhan berbunga
 Tertutup
((Angiospermae)

Ciri lain yang membedakan dunia tumbuhan dengan organisme lain adalah bahwa tumbuhan memiliki struktur dinding sel yang kaku yang tersusun dari senyawa selulosa. Adanya struktur dinding sel ini maka tumbuhan umumnya tidak memilki kemampuan berpindah/bergerak secara bebas seperti hanya kelompok dunia hewan. Kelompok dunia tumbuhan yang ada di bumi sekarang sangatlah beragam, dan banyak dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia baik digunakan secara langsung sebagai bahan pangan, sandang dan papan maupun untuk kebutuhan industri lainnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *