Contoh Reproduksi Aseksual

By | March 17, 2014

Contoh Reproduksi Aseksual. Bagi tumbuhan untuk bertahan hidup, mereka perlu untuk mereproduksi. Dan mereka lakukan secara seksual maupun aseksual. Salah satu alasan reproduksi aseksual pada tumbuhan begitu dipelajari diatas adalah kemampuan untuk mereproduksi tumbuhan pada tahap yang lebih cepat, menggunakan sel dari setiap bagian tumbuhan. Salah satu contoh yang sempurna dari reproduksi aseksual adalah kultur jaringan, bagaimanapun, ini adalah proses laboratorium yang terkontrol. Tetapi ada banyak cara bahwa tumbuhan secara alami mampu mereproduksi secara aseksual. Namun sebelum saya turun ke penjelasan apa definisi reproduksi aseksual. mari kita memahami perbedaan antara reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhan.

Contoh Reproduksi Aseksual Tumbuhan

Reproduksi Seksual Tumbuhan

Reproduksi seksual melibatkan pembentukan individu baru yang dihasilkan oleh fitur menggabungkan atau gen dari kedua orang tuanya. Reproduksi seksual pada tumbuhan terjadi melalui media bunga. Struktur bunga terdiri dari serbuk sari memproduksi bagian jantan yang dikenal sebagai benang sari, dan bagian betina disebut putik yang berisi ovarium dan telur. Penyerbukan adalah proses yang dimulai dari mekanisme reproduksi seksual. Kelopak memainkan peran penting dalam menarik serangga ke bunga yang membawa serbuk sari dari satu tumbuhan ke yang lain. Angin membantu penyerbukan yang terjadi di mana bunga tidak memiliki kelopak. Hasil penyerbukan dalam produksi benih, dan hampir semua tumbuhan direproduksi melalui mekanisme ini.

Reproduksi aseksual dalam tumbuhan

Bagaimana tumbuhan bereproduksi secara aseksual? tumbuhan terdiri dari sel-sel dan jaringan yang membawa dalam diri mereka kemampuan untuk meregenerasi struktur seluruh tumbuhan dikenal sebagai totipotensi, yang menjamin anak benar-benar identik dengan orangtua. Ini berarti setiap bagian tumbuhan, daun, batang, tunas atau akar mampu mereproduksi individu tumbuhan baru di bawah kondisi yang cocok. Metode ini mereproduksi dikenal sebagai reproduksi aseksual. Berikut adalah beberapa contoh dari reproduksi aseksual.

Batang: dasar atas atau batang bawah tanah adalah contoh yang paling umum dari reproduksi aseksual pada tumbuhan. Stolon atau runner adalah batang horizontal. Mereka tunas dari simpul daun, dan bukannya berkembang menjadi daun, berkembang menjadi batang dengan sangat sedikit daun. Ini menghasilkan akar batang yang turun ke tanah, saat pemotretan daun baru di atas tanah. Strawberry, tumbuhan laba-laba , dll, adalah contoh dari reproduksi aseksual melalui stolons. Rimpang, umbi, umbi dan umbi-umbian yang digunakan ketika makanan disimpan dan ditanggung di bawah tanah sebagai bagian dari sistem akar.

Daun: Karena daun sangat berurat atau daun sukulen seperti itu dari kaktus semua mampu menghasilkan planlet dari daun. Planlet diproduksi pada tepi daun, yang jatuh ke tanah dan berakar, dan tumbuh menjadi individu tumbuhan. Kalanchoe dan tumbuhan air duckweed mereproduksi dengan cara ini. Hal yang menakjubkan tentang metode ini adalah bahwa daun yang mereproduksi mungkin tidak selalu menempel pada tumbuhan. Sebuah daun jatuh juga mampu memproduksi selebaran selama sebagai sel dan jaringan hidup.

Metode lain: Ada banyak metode yang digunakan untuk mengkloning tumbuhan untuk memastikan bahwa mereka adalah replika dari tumbuhan induk. Serta metode laboratorium alami yang digunakan.

Akar: Banyak tumbuhan dan pohon yang mengirimkan tunas atau pengisap langsung dari akar. pengisap Ini dapat dengan mudah dikembangkan menjadi tumbuhan baru.

Stek: Lembut atau stek keras kayu berkembang menjadi individu tumbuhan dengan menumbuhkan mereka melalui media tanah atau air.

Cangkok: Cangkok tanaman baru dengan menggunakan tunas atau simpul juga merupakan contoh umum reproduksi aseksual tumbuhan.

Reproduksi aseksual secara luas digunakan oleh pembibitan tumbuhan dan hortikultura cukup sering untuk menyebarkan tumbuhan dalam volume besar untuk menjamin kelangsungan hidup mereka.


Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *