Contoh Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

By | February 22, 2014

Contoh Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui - Sumber daya alam yang ada tersebut dapat digunakan sebagai salah satu modal utama untuk memajukan negara dan menyejahterakan masyarakat. Sumber daya alam tersebut dapat berfungsi sebagai bahan dasar industri, bahan penghasil energi, sumber daya pertanian dan sumber daya lingkungan alam. Untuk menjaga kelestarian sumber daya alam maka manusia harus menggunakan atau memanfaatkannya secara hemat, tepat, berhati-hati dan seefisien mungkin. Persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

a. Mineral Logam

1) Nikel, dihasilkan di Kalimantan Barat, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

2) Emas dan perak, dihasilkan di Bengkalis (Sumatra), Bolaang Mongnodow (Sulawesi Utara), Cikotok (Jawa Barat), Logas (Riau), dan Rejang Lebong (Bengkulu).

3) Mangaan, dihasilkan di Kliripan (Yogyakarta), Tasikmalaya (Jawa Barat), Lampung, Maluku, NTB, dan Sulawesi Utara.

4) Timah, dihasilkan di Bangkinang (Riau), Dabo (Pulau Singkep), Manggar (Pulau Belitung), dan Sungai Liat (Pulau Bangka).

5) Tembaga, dihasilkan di Cikotok (Jawa Barat), Kompara (Papua), Sangkarapi (Sulawesi Selatan), dan Tirtamaya (Jawa Tengah).

6) Bijih besi, dihasilkan di Cilacap (Jawa Tengah), Cilegon (Banten), Gunung Tegak (Lampung), Lengkabana dan Longkana (Sulawesi Tengah), Pulau Sebuku dan Suwang (Kalimantan Selatan). Contoh, pengolahan bijih besi oleh P.T. Krakatau Steel, Cilegon, Jawa Barat dan pasir besi diolah oleh P.N. Aneka Tambang, Cilacap, Jawa Tengah.

7) Bauksit, dihasilkan di Pulau Bintan (Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), dan Kalimantan Tengah.

b. Mineral Bukan Logam

1) Gips, dihasilkan di Cirebon (Jawa Barat), NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

2) Marmer, dihasilkan di Besok daerah Wajak, Tulungagung (Jawa Timur), DIY, Papua, Lampung, dan Sumatra Barat.

3) Yodium, dihasilkan di Semarang (Jawa Tengah) dan Jombang (Jawa Timur).

4) Intan, dihasilkan di Kalimantan Selatan, sedangkan tempat pengasahannya di Martapura.

5) Aspal, dihasilkan di Pulau Buton (Sulawesi Tenggara) dan Permigan Wonokromo (Jawa Timur).

6) Fosfat, dihasilkan di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat), Gombong, Purwokerto, Jepara, Rembang (Jawa Tengah), dan Bojonegoro (Jawa Timur).

7) Garam, dihasilkan di Pulau Madura.

8) Garam batu, dihasilkan di Kepulauan Kei.

c. Mineral Energi

1) Batubara, dihasilkan di Bukit Asam yang berpusat di Tanjungenim (Sumatra Selatan), Kotabaru yang berpusat di Pulau Laut (Kalimantan Selatan), Sungai Berau yang berpusat di Samarinda (Kalimantan Timur), dan Umbilin yang berpusat di Sawahlunto (Sumatra Barat).

2) Gas alam, dihasilkan di Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan), Jawa Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

3) Minyak bumi, dihasilkan di Babo (Papua), Cepu (Jawa Tengah), delta Sungai Brantas (Jawa Timur), Dumai (Riau), Kembatin (Kalimantan Tengah), Kepulauan Natuna (Riau), Klamano (Papua), Peureulak (Jawa Barat), Plaju (Sumatra Selatan), Pulau Bunyu (Kalimantan Timur), Pulau Seram (Maluku), Sungai Gerong (Sumatra Selatan), dan Surolangun (Jambi).


Artikel lainnya: Contoh program Shareware Apa Contoh Penyakit Kelenjar Tiroid Contoh Manfaat Penggunaan Metanol Contoh Produk Farmasi Bioteknologi Contoh Aplikasi Hukum Newton tentang Gerak

One thought on “Contoh Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *