Mengoperasikan Cut Copy Paste dan Paste Cell Excel 2007

By | March 9, 2014

Mengoperasikan Cut Copy Paste dan Paste Cell- Metode memotong (cut), menyalin (copy), dan menempel (paste) digunakan untuk mengolah sel atau kumpulan sel (range). Memotong digunakan untuk memindahkan sel atau range dari posisi awal ke posisi lain. Menyalin digunakan untuk menggandakan isi sel atau range (bisa berupa teks, format, formula, dan sebagainya) dari posisi awal ke posisi lain. Menempel adalah proses akhir dari memotong dan menyalin untuk menyisipkan isi dari clipboard ke dalam worksheet. Sebelum memulai metode-metode di atas, buatlah sebuah dokumen baru, ketikkan data-data di bawah ini.

contoh data excel 2007

contoh data excel 2007

Untuk memotong atau memindahkan sel terdapat dua cara yang bisa Anda pilih. Sebelum menggunakan salah satu cara, tentukan terlebih dahulu sel atau range yang akan dipindahkan, misalnya blok sel B2 sampai sel F7.

Blok sel B2 hingga F7 excel 2007

Gambar 5.45 Blok sel B2 hingga F7

Klik tab Home, periksa grup Clipboard, klik tombol Cut, atau tekan tombol Ctrl+X pada keyboard. Selanjutnya, range akan dilingkup oleh animasi garis terputus.

Tampilan blok setelah di lakukan pemotongan excel 2007

Gambar 5.46 Tampilan blok setelah di lakukan pemotongan (cut)

Klik di sel tempat Anda akan memindahkan range. Misal klik sel A1, kemudian klik tombol Paste, atau dengan menekan tombol Ctrl+V, bisa juga dengan menekan tombol Enter. Klik di sel tempat Anda akan memindahkan range. Misalnya klik sel A1, kemudian klik tombol Paste paste excel 2007, atau dengan menekan tombol Ctrl+V, bisa juga dengan menekan tombol Enter.

Hasil penyalinan (paste) range sel excel 2007

Gambar 5.47 Hasil penyalinan (paste) range sel

Cara lain untuk memindahkan adalah, blok range yang akan dipindahkan. Pindahkan pointer mouse di atas garis batas range (garis tebal hitam) dan klik pada garis tebal tersebut. Lakukan dragging kotak range hingga ke lokasi baru. Sewaktu melakukan dragging, Anda akan melihat animasi range yang berpindah (digambarkan dengan garis transparan) ke lokasi baru.

animasi range excel 2007

Gambar 5.48 Anda akan melihat animasi range yang dipindahkan ke posisi yang baru

Kedua cara di atas adalah cara untuk memindahkan range ke posisi baru, tetapi masih dalam worksheet yang sama. Untuk memindahkan ke worksheet yang berbeda, setelah Anda memblok dilanjutkan dengan mengklik tombol Cut. Klik tab sheet yang merupakan worksheet dari lokasi baru range yang akan dipindahkan, untuk membuka worksheet lain, contohnya Sheet2.

worksheet excel 2007

Pada Sheet2, Klik sel A1 untuk menentukan sel awal dari lokasi pemindahan. Klik tombol Paste, atau tekan tombol Ctrl+V atau tombol Enter pada keyboard. Untuk membatalkan pemindahan, tekan tombol Esc pada keyboard.

paste pada worksheet baru excel 2007

Gambar 5.49 Hasil penyalinan (paste) pada worksheet baru

Menyalin atau menggandakan dalam dokumen spreadsheet dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu menggandakan teks, menggandakan seri, menggandakan formula, menggandakan format sel, dan sebagainya. Masukkan data-data seperti ilustrasi berikut ini pada sebuah worksheet.

Data pada sebuah Worksheet excel 2007

Gambar 5.50 Data pada sebuah Worksheet

Blok sel A2 sampai A3, posisikan pointer di titik sudut kanan bawah garis range, sehingga pointer berubah menjadi simbol (+) kecil berwarna hitam.

Blok A2 hingga A3 excel 2007

Gambar 5.51 Blok A2 hingga A3

Dari titik tersebut lakukan dragging ke arah bawah sampai sel A6, perhatikan isi kolom A sekarang. Akan ditampilkan tombol mengapung. Klik tombol tersebut, maka akan ditampilkan jenis penggandaan yang menunjuk pada Fill Series.

Fill Series excel 2007

Gambar 5.52 Opsi yang ditawarkan tombol mengapung

Ini artinya Anda telah melakukan penggandaan secara seri. Anda bisa mengganti jenis penggandaan dengan mengklik pada jenis lain, seperti: Copy Cell untuk menggandakan teks pada sel, Fill Formatting Only untuk menggandakan format sel saja (seperti, jenis dan ukuran font, ketebalan font, warna belakang sel, dan sebagainya), atau Fill without Formatting, untuk menggandakan teks atau formula pada sel, tanpa mengambil format sel dari sel sumber. Untuk mencoba jenis penggandaan lain, buatlah sebuah range dengan memblok dari sel A1 sampai E7.

Fill without Formatting excel 2007

Gambar 5.53 Blok range A1 hingga E7

Pada tab Home grup Clipboard, klik tombol Copy. Sehingga range dilingkup oleh garis animasi terputus-putus.

range dilingkup oleh garis animasi terputus-putus excel 2007

Gambar 5.54 Copy range yang telah Dipilih

Klik di sel tempat Anda akan memulai menggandakan range. Misal klik sel A10, kemudian klik tombol Paste , atau dengan menekan tombol Ctrl+V, bisa juga dengan menekan tombol Enter. Dengan menekan tombol Paste atau tombol Ctrl+V pada keyboard berarti Anda menggandakan suatu range tanpa menghapus isi dari clipboard. Artinya Anda masih bisa menyalinnya ke sel lain. Namun, dengan menekan tombol Enter, berarti Anda menggandakan suatu range sekaligus menghapus isi dari clipboard.

Paste (tempel) range yang telah disalin excel 2007

Gambar 5.55 Paste (tempel) range yang telah disalin

Pada tombol Paste, terdapat tombol dropdown untuk menentukan jenis penempelan. Sebelum menuju penjelasan jenis-jenis menempel, ikuti petunjuk-petunjuk di bawah ini. Kembalikan kondisi pada worksheet ke kondisi semula, sebelum dilakukan penggandaan dengan menekan tombol Ctrl+Z pada keyboard, atau menekan tombol Undo pada Quick Access ToolBar, beberapa kali. Hingga tampilan worksheet menjadi seperti ilustarasi gambar di bawah ini.

data awal excel 2007

Gambar 5.56 Klik undo beberapa kali hingga tampilan kembali ke awal

Klik sel E2 dan tekan tombol AutoSum yang terletak pada grup Editing di tab Home, sehingga pada sel E2 tertulis formula =SUM(C2:E2). Tekan tombol Enter pada keyboard, sehingga hasil akhir terlihat pada ilustrasi di bawah ini.

Hasil formula SUM excel 2007

Gambar 5.57 Hasil formula SUM

Posisikan pointer di titik sudut kanan bawah garis sel E2, sehingga pointer berubah menjadi simbol (+) kecil berwarna hitam. Dari titik tersebut lakukan dragging ke arah bawah sampai sel E6. Perhatikan isi kolom E sekarang.

dragging sel excel 2007

Gambar 5.58 (a) Drag sel yang telah memiliki formula (b) Hasil yang didapatkan

Disadari atau tidak disadari, Anda telah melakukan metode penggandaan jenis penggandaan formula. Klik sel E2 dan lihat formula bar. Kemudian, klik sel E3, lihat pula formula bar. Bandingkan isi formula dari sel E2 dan sel E3. Apa yang Anda dapatkan? Blok sel A1 sampai E7, klik tombol Copy pada grup Clipboard. Klik sel A10, kemudian klik tombol dropdown di bawah tombol Paste.

opsi Paste excel 2007

Gambar 5.59 Terdapat beberapa opsi Paste


Artikel lainnya: Kelebihan Kelemahan Microsoft Excel Cara Menyisipkan Diagram pada Microsoft Excel 2007 Perhitungan Statistik Microsoft Excel 2007 Menggunakan Hitungan Matematika Excel 2007 Membuat Grafik Microsoft Excel 2007

2 thoughts on “Mengoperasikan Cut Copy Paste dan Paste Cell Excel 2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *