Kegunaan magnesium

By | August 31, 2014

Kegunaan magnesium – Magnesium adalah unsur yang sangat melimpah di permukaan bumi, tetapi tidak mudah membuatnya dalam bentuk unsur. Sumber komersial utama magnesium adalah air laut (0,13% kadar Mg), dan dapat ditemukan pada dolomit (CaMg(CO3)2) dan karnalit (KCl.MgCl2.6H2O). (Oxtoby, Gillis, Nachtrieb; Erlangga, 2003: 214).

Magnesium dapat diperoleh melalui proses Downs:

1. Magnesium diendapkan sebagai magnesium hidroksida dengan menambahkan Ca(OH)2 ke dalam air laut.

2. Tambahkan asam klorida untuk mendapatkan kloridanya, yang kemudian diperoleh kristal magnesium klorida (MgCl.6H2O).

3. Elektrolisis leburan kristal magnesium dengan terlebih dahulu menambahkan magnesium klorida yang mengalami hidrolisis sebagian ke campuran leburan natrium dan kalsium klorida. Hal ini dilakukan untuk menghindari terbentuknya MgO saat kristal MgCl.6H2O dipanaskan.

4. Magnesium akan terbentuk pada katode.

Reaksi: Mg2+ + Ca(OH)2(s) → Mg(OH)2(s) + Ca2+

Mg(OH)2(s) + 2 H+ + Cl → MgCl.6 H2O

Katode : Mg2+ + 2 e → Mg

Anode : 2 Cl → Cl2(g) + 2e

(Sri Lestari, 2004: 30).

Kegunaan magnesium, antara lain:

1. Pencegah korosi pipa besi di tanah dan dinding kapal laut.

2. Mg(OH)2, dapat digunakan sebagai obat maag karena dapat menetralkan kelebihan asam lambung (HCl) dan juga sebagai bahan pasta gigi.

3. MgSO4, dikenal dengan nama garam inggris, dapat digunakan sebagai obat pencahar (laktasif usus).

4. Campuran logam magnesium (10%) dan aluminium (90%) atau yang sering disebut magnalium dapat digunakan sebagai bahan konstruksi pesawat terbang karena perpaduan ini kuat dan ringan, rudal, dan bak truk.

5. Magnesium dipakai untuk membuat kembang api dan lampu penerangan pada fotografi (blitz).

6. MgO, dapat digunakan sebagai bata tahan panas/api untuk melapisi tanur dan tempat pembakaran semen.

7. Campuran 0,5% Mg, 95% Al, 4% Cu, dan 0,5% Mn atau yang dikenal dengan nama duralumin digunakan untuk konstruksi mobil.

Magnesium adalah unsur logam kimia berlimpah yang memiliki sejumlah aplikasi industri selain menjadi penting bagi banyak organisme hidup, termasuk manusia. Nomor atom adalah 12, dan unsur tersebut diidentifikasi dengan simbol Mg pada tabel periodik unsur. Hal ini diklasifikasikan sebagai unsur alkali tanah, bersama dengan antara lain kalsium dan barium. Salah satu penggunaan yang umum dari magnesium merupakan sumber penerangan, karena saat dibakar menyala putih terang.

Sir Humphry Davy umumnya mendapat penghargaan dengan penemuan magnesium, pada tahun 1808. Salah satu bentuk, garam epsom, sudah digunakan sejak abad ke-17, dan terus menjadi tersedia sebagai bahan rendaman mandi. Susu magnesium, obat lain yang populer, juga mengandung magnesium.

Di alam, unsur ini selalu ditemukan dalam senyawa dengan zat lain, karena reaktif dan akan mudah menyatu dengan berbagai hal. Air laut merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium, karena unsur ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi di sana. Sejumlah perusahaan mengekstrak unsur dari air laut untuk berbagai keperluan industri. Ketika diisolasi, itu adalah berwarna putih keperakan, logam yang sangat ringan. Dalam bentuk unsur, magnesium pada dasarnya tidak beracun, meskipun serutan atau debu yang berpotensi meledak. Ketika dipanaskan, dapat memicu reaksi beracun, sehingga perlindungan wajah harus digunakan ketika bekerja dengan magnesium panas.

Meskipun magnesium sangat ringan, juga sangat kuat. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk alloy, terutama dalam industri penerbangan. Beberapa otomotif high end juga menggunakan aloy ini, karena logam dapat meringankan berat keseluruhan mobil, sehingga lebih cepat dan lebih efisien. Magnesium juga digunakan dalam instrumen iluminasi. Beberapa guru kimia juga dapat mengatur serutan terbakar untuk menunjukkan kualitas ledakan yang cemerlang dari unsur bagi siswa.

Dalam tubuh manusia, magnesium adalah salah satu dari lima unsur yang paling berlimpah. Sekitar setengah dalam tubuh terkonsentrasi di tulang, dan unsur tersebut memberikan kontribusi untuk sejumlah reaksi biokimia penting. Umumnya, pola makan yang sehat menjadikan persediaan yang cukup bagi mineral ini. Kelebihan akan menyebabkan diare, sementara kekurangan akan menyebabkan masalah neuromuskular. Sayuran berdaun hijau menjadi sumber besar dari magnesium, bersama dengan mineral penting lainnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *