Manfaat Tembaga dan Senyawa Tembaga

By | April 19, 2014

Kegunaan Tembaga dan Senyawanya- Tembaga merupakan logam berwarna kemerahan yang terdapat secara bebas di alam maupun dalam bentuk senyawanya. Bijih tembaga yang terpenting adalah kalkopirit (CuFeS2, 34,5% Cu). Selain itu ada beberapa senyawa tembaga yang lain, seperti cuprite (Cu2O, 88,8% Cu), chalcosite (Cu2S, 79,8% Cu), dan malasite (Cu2(OH)2CO3, 57,3% Cu) (Oxtoby, Gillis, Nachtrieb, 2003: 206).

Untuk memperoleh tembaga, pertama dilakukan flotasi (pengapungan) busa, untuk memekatkan bijih tembaga. Langkah berikutnya adalah pemanggangan (roasting) bijih yang sudah diperkaya, yaitu reaksi dengan udara pada suhu tinggi untuk mengkonversi besi menjadi oksidanya dan menyisakan tembaga sebagai sulfida. Selanjutnya campuran Cu2S dan Fe3O4 serta bahanbahan lain dimasukkan ke dalam tungku pada suhu 1.100 °C. Karena Cu2S tidak larut dalam terak, maka Cu2S dialirkan ke tungku lain melalui semburan udara untuk memicu terjadinya reaksi redoks. Terakhir, tembaga cair yang terbentuk kemudian didinginkan dan dicetak untuk dimurnikan lebih lanjut (Oxtoby, Gillis, Nachtrieb, 2003: 207).

Reaksi: 6 CuFeS2(s) + 13 O2(g) 3 Cu2S(s) + 2 Fe3O4(s) + 9 SO2(g)

CaCO3(s) + Fe3O4(s) + 2 SiO2(s) CO2(g) + terak

Cu2S(l) + O2(g) 2 Cu(l) + SO2(g)

Kegunaan tembaga, antara lain:

1. Merupakan penghantar panas dan listrik yang sangat baik, maka banyak digunakan pada alat-alat listrik.

2. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas.

3. Sebagai bahan pembuat uang logam.

4. Sebagai bahan pembuat logam lain, seperti kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko.

5. CuSO4 dalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna.

6. Campuran CuSO4 dan Ca(OH)2, disebut bubur boderiux banyak digunakan untuk mematikan serangga atau hama tanaman, pencegah jamur pada sayur dan buah.

7. CuCl2, digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak.

8. Cu(OH)2 yang larut dalam larutan NH4OH membentuk ion kompleks cupri tetramin (dikenal sebagai larutan schweitser), digunakan untuk melarutkan selulosa pada pembuatan rayon (sutera buatan).


Artikel lainnya: Manfaat dan Penggunaan Formaldehida Manfaat Kegunaan Latihan Aerobik bagi Tubuh Contoh Manfaat Penggunaan Metanol Manfaat Kesehatan Klorofil Bagi Manusia Infeksi akibat Bakteri Gram Negatif dan Penanggulangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *