Mengapa Neptunus berwarna biru

Mengapa Neptunus berwarna biru. Neptunus, juga dikenal sebagai ‘Raksasa Biru’ adalah planet kedelapan dari Matahari, terletak di antara Uranus dan Pluto. Namun, terkadang Pluto terlihat untuk menyeberang jalurnya, dan kemudian itu menjadi planet kesembilan dari Matahari. Neptunus adalah 49500 km dengan diameter, dan merupakan empat kali ukuran dari Bumi, namun, karena itu adalah sekitar 4,4 miliar km jauhnya dari Bumi, ini tidak mudah terlihat melalui teropong.

Neptunus
Neptunus

Bagaimana Neptunus ditemukan?

Dalam kasus dari planet-planet lain, teleskop yang menemukan mereka, bagaimanapun, dalam kasus Neptunus, perhitungan matematis menyebabkan penemuan planet. Beberapa astronom, termasuk Galileo telah melihat Neptunus, sedikit menyadari bahwa mereka sedang melihat planet lain. Ini karena, melalui teleskop, planet-planet muncul untuk terlihat seperti cakram, dan bintang-bintang muncul sebagai bintik-bintik dari cahaya terang. ini teleskop tidak cukup kuat untuk menunjukkan bentuk disc Neptunus. Pada tahun 1781, William Hershel menemukan planet Uranus dan setelah penemuan Uranus ‘, astronom mulai bertanya-tanya jika ada planet lain melampaui Uranus. Pada tahun 1843, John C. Adams, seorang ahli matematika Inggris muda dan astronom yang ditetapkan untuk menghitung posisi dari Neptunus. Menurut perhitungannya, Neptunus adalah 1 miliar mil lebih jauh dari Matahari, dibandingkan dari Uranus.

Dia mengirim temuannya ke astronom kerajaan dari Inggris, Sir George B Airy, pada tahun 1845. Tetapi untuk Adams cemas, Airy tidak menanggapi temuannya. Namun, Adams adalah bukan satu-satunya yang bekerja pada perhitungan Neptunus. Urbain Jean Joseph Le Verrier, seorang astronom dan matematikawan Perancis juga rajin menghitung lokasi dari Neptunus. Pada 1846, dia juga datang dengan hasil yang sama seperti Adams, dan dikirim temuannya untuk Johann G. Galle of Jerman. Galle juga telah bekerja pada lokasi dari planet-planet, dan dengan bantuan dari prediksi Urbain ‘s, ia bersama dengan asistennya menemukan planet Neptunus pada tanggal 23 September 1846.

Namun, setelah penemuan, konflik antara Inggris dan Perancis muncul, siapa yang harus dihargai karena penemuan Neptunus. Komunitas astronomi internasional memutuskan untuk memberikan kredit untuk kedua Adams dan Urbain untuk penemuan Neptunus. Bukankah ini sebuah fakta menarik tentang Neptunus?

Bagaimana Neptunus mendapatkan namanya?

Upacara penamaan Neptunus memiliki cerita yang menarik. Urbain J. J. Le Verrier merasa bahwa sejak ia menemukan planet ini, ia memiliki hak untuk nama itu setelah dirinya. Namun, keinginannya itu diinjak-injak oleh orang-orang di luar Perancis. Karena, semua planet lainnya dinamai dewa Romawi, komunitas astronomi internasional datang ke sebuah konsensus bahwa planet ini juga harus dinamai Tuhan Romawi. Dengan demikian, Neptunus, yang sebuah planet biru yang diberi nama setelah Tuhan Romawi laut.

Komposisi Neptunus

Inti berbatu Neptunus panas sebesar ukuran bumi dan terdiri dari nikel, besi dan silikat lainnya. Di luar inti, adalah mantel besar terdiri dari metana, amonia, air dan senyawa lainnya. Mantel ini daerah sangat panas, dengan suhu berkisar antara 3000K sampai 5000K, sehingga daerah ini sesuai dengan wilayah cairan super panas. Selain mantel adalah suasana terluar yang terdiri dari gas seperti Hidrogen (80%), Helium (19%) dan (1%) Metana, Amonia dan air.

Neptune: Planet Berangin

Neptunus memiliki cuaca yang luar biasa dan merupakan planet yang paling berangin di tata surya kita. Secara logika planet lebih jauh dari Matahari harus memiliki angin lemah, karena angin didorong oleh energi dan planet-planet yang menerima sinar matahari kurang harus memiliki angin lemah Matahari. Namun, Neptunus memiliki angin yang sangat kuat, yang bisa mencapai kecepatan sekitar 2.000 kilometer per jam. Sebuah badai atas bumi ini akan kurang lebih mencapai kecepatan 200 kilometer per jam, sehingga orang bisa membayangkan besarnya Badai angin. Energi untuk menghasilkan angin ini berasal dari sumber panas internal Neptunus.

Mengapa Neptunus berwarna biru?

Fakta lain yang menarik tentang Neptunus adalah warnanya. Neptunus adalah planet gas (seperti Jupiter, Saturnus dan Uranus, bagaimanapun, lebih kecil dalam ukuran), dan atmosfer atasnya terdiri dari gas seperti hidrogen, helium, metana, amoniak dan air. Metana di permukaan Neptunus menyerap cahaya yang datang dari Matahari di 600nm, yang sesuai dengan wilayah merah dari spektrum cahaya tampak. Oleh karena itu, metana menyerap cahaya merah dan mencerminkan spektrum ujung biru kembali ke ruang angkasa. Warna Neptunus hanyalah merefleksikan sinar matahari dikurangi ujung merah spektrum. Ini adalah bagaimana Neptunus mendapat warna biru biru nya.

Pola cuaca di Neptunus

Sesuai informasi yang diperoleh dari kunjungan Voyager 2 untuk Neptunus pada tahun 1989, Neptunus menunjukkan pola cuaca yang berbeda. Ini mengamati sistem badai anticyclonic sangat besar, yang muncul sebagai tempat gelap besar di permukaan (belahan bumi selatan) dari planet ini. Rangkaian bintik-bintik gelap yang diamati dikenal sebagai Noda Hitam Besar, yang terbesar sesuai dengan ukuran Bumi. Spot gelap besar Ini dikelilingi oleh awan cirrus putih metana. Kemudian Voyager 2 juga melihat bintik-bintik kecil, yang disebut skuter, yang bergerak cepat di seluruh permukaan planet.

Bulan Neptunus

17 hari setelah planet Neptunus ditemukan, seorang astronom bernama William Lassell menemukan bulan pertama Neptunus, Triton. Triton 2707 km dengan diameter, dan seandainya telah mengorbit Matahari, bukan Neptunus, maka bisa disebut planet. Orbit Triton adalah retrograd, yang artinya mengorbit dalam arah yang berlawanan dengan rotasi planet. Ini juga menunjukkan fakta bahwa Neptunus sebenarnya diambil Triton.

Fakta yang menarik tentang Triton Neptunus adalah bahwa suhu permukaan Triton adalah hanya 38 Kelvin, yang membuat Triton salah satu daerah terdingin dari tata surya. Voyager 2 (USA) mengunjungi Neptunus pada tahun 1989, dan merupakan satu-satunya pesawat antariksa yang mengunjungi planet ini. Ini menemukan geyser peledakan nitrogen di permukaan Triton. Meskipun hanya butuh tujuh belas hari setelah penemuan planet untuk menemukan Triton, bulan kedua ditemukan hanya berjarak 100 tahun kemudian, pada tahun 1949. Pada hari ini, 13 dari bulan Neptunus telah ditemukan, yang semuanya dinamai dewa dari mitologi Yunani.

Cincin Neptunus

Dengan bantuan dari gambar yang diambil oleh Voyager 2, kami datang untuk mengetahui bahwa Neptunus memiliki 5 cincin redup. Ini 5 cincin bernama Galle, Le Verrier, Lassell, Arago dan Adams: astronom yang terlibat dengan penemuan yang berhubungan dengan Neptunus. Cincin ini relatif baru bagi Tata Surya, dan lebih muda dari cincin Uranus. Para astronom percaya bahwa cincin itu terbentuk ketika salah satu bulan punya Neptunus terlalu dekat dengan planet dan hancur akibat gravitasi.

Panjang Hari dan Tahun di Neptunus

Yang menarik adalah bahwa Neptunus bagian yang berbeda dari planet berputar pada kecepatan yang berbeda. Daerah kutub planet mengambil 12 jam untuk menyelesaikan satu rotasi, sedangkan daerah khatulistiwa memakan waktu 18 jam untuk menyelesaikan satu rotasi. Pada rata-rata, planet ini membutuhkan waktu 16 jam untuk menyelesaikan satu hari. Jadi hari di Neptunus lebih pendek dari hari di Bumi, namun, satu tahun di Neptunus lebih panjang dari satu tahun di Bumi. Hal ini karena Neptunus mengorbit Matahari pada jarak rata-rata 4,5 miliar kilometer. Dimana Bumi membutuhkan waktu 365 hari untuk menyelesaikan satu rotasi, Neptunus membutuhkan waktu 60.190 hari untuk berputar mengelilingi matahari sekali. Jadi satu tahun di Neptunus adalah 165 tahun di Bumi.

Air hadir di Neptunus, jadi apakah ada kemungkinan kehidupan di Neptunus? Para ilmuwan mengatakan bahwa karena ada air, teknis hidup harus ada, namun, permukaan Neptunus terlalu dingin bagi setiap organisme hidup untuk eksis (air berubah menjadi es). Namun, planet ini akan lebih panas menuju inti, sehingga dapat hidup ada pada titik di mana planet ini tidak terlalu panas, atau terlalu dingin (di mana air dalam bentuk cair ada). Ini masih sesuatu para ilmuwan sedang mengerjakan. Sampai mereka datang dengan jawaban, kita dapat berpegang pada fakta-fakta menarik tentang Neptunus.

Artikel terkait Mengapa Neptunus berwarna biru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014