Peluruhan Radioaktif PPT

Peluruhan Radioaktif PPT – Standar Kompetensi :4. Menunjukkan Penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas.

Indikator  Peluruhan Radioaktif:

1.Mendefinisikan besaran pada peluruhan
2.Mendiskusikan deret radioaktif
3.Menganalisis partikel hasil peluruhan setelah memancarkan partikel-partikel radioaktif
4.Mennggunakan persamaan peluruhan untuk menyelesaiakan masalah

Tujuan Pembelajaran Peluruhan Radioaktif :

Melalui mempelajari persamaan peluruhan siswa dapat memahami bahaya penggunaan radioaktif.

Peluruhan sinar Alfa

Suatu inti yang tidak stabil dapat meluruh menjadi inti yang lebih ringan dengan memancarkan partikel alfa (inti atom helium). Pada peluruhan alfa terjadi pembebasan energi. Energi yang dibebaskan akan menjadi energi kinetik partikel alfa dan inti anak. Inti anak memiliki energi ikat per nukleon yang lebih tinggi dibandingkan induknya. Jika inti memancarkan sinar á (inti 4He2 ), maka inti tersebut kehilangan 2 proton dan 2 neutron, sehingga Z berkurang 2, n berkurang 2, dan A berkurang 4.

Peluruhan sinar Beta

•Salah satu bentuk peluruhan sinar beta adalah peluruhan neutron. Neutron akan meluruh menjadi proton, elektron, dan antineutrino. Antineutrino merupakan partikel netral yang mempunyai energi, tetapi tidak memiliki massa.
•Bentuk peluruhan sinar beta yang lain adalah peluruhan proton. Proton akan meluruh menjadi neutron, positron, dan neutrino. Neutrino memiliki sifat yang sama dengan antineutrino. Peluruhan sinar beta bertujuan agar perbandingan antara proton dan neutron di dalam inti atom menjadi seimbang sehingga inti atom tetap stabil.

Download Peluruhan Radioaktif PPT

Anda juga melihat materi tentang Peluruhan Radioaktif dibawah ini:

Peluruhan Radioaktif 

Radioaktivitas dan Kestabilan Inti

Latihan Contoh Soal Pembahasan Radioaktif

Artikel terkait Peluruhan Radioaktif PPT:

Updated: 13 April 2014 — 05:45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014