Pengertian Alkana

Alkana adalah senyawa kimia yang hanya terdiri dari unsur-unsur karbon (C) dan hidrogen (H) (yaitu, hidrokarbon), dimana masing-masing atom ini saling berhubungan secara eksklusif oleh ikatan tunggal (mereka yaitu,senyawa yang jenuh). Alkana milik serangkaian homolog senyawa organik di mana para anggota berbeda dengan massa atom relatif konstan 14.

Setiap atom karbon harus memiliki empat ikatan (baik ikatan CH atau CC), dan masing-masing atom hidrogen harus bergabung dengan sebuah atom karbon (ikatan HC). Serangkaian atom karbon terkait dikenal sebagai kerangka karbon atau tulang punggung karbon. Biasanya jumlah atom karbon sering digunakan untuk menentukan ukuran dari alkana (misalnya C2-alkana).

metana

Sebuah gugus alkil merupakan gugus fungsi atau rantai samping yang, seperti alkana, terdiri karbon dan atom hidrogen hanya dari ikatan tunggal, misalnya kelompok metil atau etil.

Alkana bisa linear (rumus umum CnH2n +2) di mana atom karbon bergabung dalam struktur seperti ular, siklik (rumus umum CnH2n, n> 2) di mana tulang punggung karbon dihubungkan sehingga membentuk lingkaran, atau bercabang (umum rumus CnH2n +2, n> 3) di mana tulang punggung karbon terbelah dalam satu arah atau lebih. Alkana juga dapat gabungan salah satu linear, siklik (misalnya polisiklik) dan struktur bercabang (tidak ada rumus umum).

Kemungkinan alkana yang paling sederhana (molekul induk) adalah metana, CH4. Tidak ada batasan untuk jumlah atom karbon yang dapat dihubungkan bersama-sama, satu-satunya batasan adalah bahwa molekul jenuh dan hidrokarbon. Minyak jenuh dan lilin adalah contoh alkana yang lebih besar di mana jumlah karbon dalam tulang punggung karbon cenderung lebih besar dari sepuluh.

Alkana tidak sangat reaktif dan memiliki aktivitas biologis kecil. Alkana dapat dilihat sebagai perancah molekul yang di atasnya menarik bagian biologis aktif / reaktif (kelompok fungsi).

Artikel terkait Pengertian Alkana:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014