Pengertian Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi. Bioteknologi adalah penggunaan proses biologis, organisme, atau sistem untuk memproduksi produk yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Para bioteknologi awal adalah petani yang mengembangkan spesies untuk meningkatkan dari tumbuhan dan hewan dengan lintas pollenization atau persilangan. Dalam beberapa tahun terakhir, bioteknologi telah diperluas dalam kecanggihan, lingkup, dan penerapan.

Pengertian Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi dapat diartikan sebagai pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi dengan menggunakan mekhluk hidup sebagai alat bantu untuk menghasilkan produk atau jasa guna kepentingan manusia. Bioteknologi bukanlah suatu disiplin ilmu melainkan peranan ilmu (suatu teknik dalam biologi). Dalam bioteknologi , makhluk hidup digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa dengan alasan karena makhluk hidup :

  • Senantiasa berkembangbiak dan dapat dibiakkan (terbaharukan).
  • Mudah diperoleh.
  • Sifatnya dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan
  • Dapat menghasilkan berbagai macam produk yang dibutuhkan.

Bioteknologi Konvensional yaitu pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan produk atau jasa sudah banyak dilakukan sejak dulu. Di Indonesia , orang telah lama mengenal proses pembuatan tape , tuak dan tempe dengan menggunakan mikroorganisme.

Ilmu bioteknologi dapat dipecah menjadi subdisiplin disebut merah, putih, hijau, dan biru. Bioteknologi merah melibatkan proses medis seperti mendapatkan organisme untuk menghasilkan obat baru, atau menggunakan sel induk untuk menumbuhkan jaringan manusia yang rusak dan mungkin kembali tumbuh seluruh organ. Putih (juga disebut abu-abu) bioteknologi melibatkan proses industri seperti produksi bahan kimia baru atau pengembangan bahan bakar baru untuk kendaraan. Bioteknologi hijau berlaku untuk pertanian dan melibatkan proses seperti pengembangan butir tahan hama atau evolusi dipercepat hewan tahan penyakit. bioteknologi Biru, jarang disebutkan, meliputi proses di laut dan air lingkungan, seperti mengendalikan proliferasi organisme yang terbawa air beracun.

Bioteknologi, seperti teknologi canggih lainnya, memiliki potensi untuk penyalahgunaan. Kekhawatiran tentang hal ini telah menyebabkan upaya oleh beberapa kelompok untuk memberlakukan undang-undang yang membatasi atau melarang proses atau program, seperti kloning manusia dan penelitian sel induk embrio tertentu. Ada juga kekhawatiran bahwa jika proses bioteknologi yang digunakan oleh kelompok-kelompok dengan maksud jahat, hasil akhirnya bisa menjadi senjata biologis.

Perkembangan Bioteknologi

  • Era Bioteknologi generasi pertama atau bioteknologi sederhana. Penggunaan mikroba masih secara tradisional, dalam produksi makanan serta pengawetan makanan. Misalnya : Pembuatan tape, tempe, cuka dsb
  • Era Bioteknologi generasi kedua. Proses berlangsung dalam keadaan tidak steril. Misalnya : Produksi bahan kimia > aseton, asam sitrat; Pengolahan air limbah; Pembuatan Kompos;
  • Era Bioteknologi generasi ketiga. Proses dalam kondisi steril; Misalnya : Produksi antibiotik dan horom
  • Era Bioteknologi generasi baru. Misalnya : Produksi Insulin, Interferon, antibodi monoklonal

Artikel terkait Pengertian Bioteknologi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014