Pengertian Efek Compton

Efek Compton adalah pemindahan energi dari cahaya dan radiasi elektromagnetik lainnya, seperti sinar-x dan sinar gamma, untuk partikel subatom stasioner seperti elektron. Ini pengaruh teramati memberikan kepercayaan kepada teori bahwa cahaya terdiri dari partikel yang disebut foton. Energi yang ditransfer adalah terukur dan interaksi sesuai dengan hukum kekekalan energi. Artinya, energi gabungan dari foton dan elektron sebelum tumbukan adalah sama dengan energi gabungan dari dua partikel setelah tumbukan. Hasil sekunder dan terkait, dari tumbukan foton dan elektron dikenal sebagai hamburan Compton, yang diamati sebagai perubahan arah dari foton setelah tumbukan serta perubahan dalam panjang gelombang mereka.

Efek ComptonPada awal abad ke-20, fisikawan mencatat, Max Planck, berteori bahwa energi elektromagnetik, seperti cahaya tampak dan radiasi lainnya, terdiri dari paket individu energi yang disebut foton. Paket ini lebih lanjut seharusnya tanpa massa, namun memiliki sifat individu dan, di kali, untuk berperilaku seperti dan berbagi sifat tertentu dengan partikel subatomik lainnya dengan massa yang dapat diamati. Serangkaian percobaan dan perhitungan menghasilkan penerimaan teori ini, dan ketika efek Compton – hamburan elektron karena penyerapan mereka energi dari foton – diamati dan direkam oleh fisikawan Arthur Holly Compton pada tahun 1923, teori Planck semakin diperkuat.

Karya Compton pada fenomena yang dikenal sebagai efek Compton kemudian membuatnya memenangkan Penghargaan Nobel dalam fisika. Compton mengamati bahwa foton bisa memberi energi untuk partikel subatomik seperti elektron, menyebabkan mereka untuk menyebar, atau menjauh dari posisi asli mereka. Dalam kondisi tertentu, hal ini dapat menyebabkan elektron untuk dipisahkan dari molekul induknya, pengion mereka, atau mengubah muatan listrik bersih dari netral ke positif dengan menghilangkan elektron bermuatan negatif.

Dia lebih jauh mengamati bahwa setelah tumbukan, foton dipamerkan peningkatan panjang gelombang, akibat langsung dari hilangannya energi untuk elektron dan terkait dengan sudut defleksi dalam perubahan arah, yang dikenal sebagai hamburan Compton. Hubungan ini didefinisikan oleh persamaan dikenal sebagai rumus Compton. Sebuah analogi yang umum digunakan untuk membantu menjelaskan efek Compton adalah yang mencolok dari sekelompok bola bilyar stasioner oleh tongkat bola bergerak. Tongkat bola menanamkan beberapa jika energi untuk bola lainnya, yang menghamburkan bola bergerak tongkat ke arah lain pada kecepatan berkurang. Sementara cahaya memiliki kecepatan konstan, berkurangnya kecepatan bola analog dengan keadaan energi yang lebih rendah dari foton setelah bertabrakan dengan elektron, yang ditunjukkan oleh panjang gelombang lebih panjang bukannya mengurangi kecepatan.

Artikel terkait Pengertian Efek Compton:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014