Penjelasan Sederhana Proses Fotosintesis untuk Anak

By | March 15, 2014

Penjelasan Sederhana Proses Fotosintesis untuk Anak. Tanaman menggunakan fotosintesis sebagai sarana untuk membuat makanannya sendiri. Dengan mengubah air dan karbon dioksida menjadi gula dan pati, tanaman tidak hanya mengurus kebutuhan mereka sendiri, tetapi memelihara spesies yang tak terhitung jumlahnya dari hewan di planet ini, termasuk manusia.

Pengertian

Fotosintesis ini cukup sebuah kata yang besar tetapi dipecah menjadi dua bagian mudah untuk melihat apa artinya. Dalam bahasa Yunani ‘foto’ berarti cahaya dan ‘sintesis’ adalah membuat sesuatu, atau menempatkan sesuatu bersama-sama, “fotosintesis” membuat sesuatu melalui cahaya. Tanaman menyerap energi matahari melalui daun dan mengubahnya menjadi makanan untuk diri mereka sendiri, ini disebut fotosintesis. Selama tanaman mendapat karbon dioksida dari udara, air (biasanya dari tanah) dan cahaya dari matahari, ia memiliki apa yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Fotosintesis memungkinkan tanaman untuk menggabungkan energi dari sinar matahari dengan air dan karbon dioksida dan mengkonversi materi semacam ini menjadi gula dan oksigen.

daun

Dalam rangka untuk tanaman atau pohon untuk menjalani fotosintesis perlu memiliki daun. Daunnya mengandung semua yang diperlukan untuk menyerap sinar matahari dan memungkinkan fotosintesis berlangsung. Daunnya seperti panel surya kecil, semua menunjuk ke arah matahari, menyerap energi dan mengubahnya menjadi makanan praktis untuk tanaman. Daun menyerap bahan baku yang diperlukan untuk fotosintesis, karbon dioksida dan air, dan setelah proses fotosintesis pada produk fotosintesis, gula (glukosa) dan oksigen, keluar melalui daun.

klorofil

Sel tumbuhan memiliki struktur yang disebut kloroplas yang mengandung klorofil. Kimia ini menyerap cahaya dan membuat fotosintesis mungkin. Klorofil terlihat hijau karena menyerap cahaya merah dan biru-violet.

Sumber Cahaya

Matahari adalah sumber energi alami tanaman. Hal ini juga memungkinkan bagi tanaman untuk berfotosintesis di bawah cahaya buatan. Ini energi cahaya diubah menjadi energi kimia selama fotosintesis.

air

Air mengandung oksigen dan hidrogen, dua molekul yang dibutuhkan untuk tumbuhan untuk membuat glukosa. Tanaman mendapatkan sebagian besar air dari akar tetapi sejumlah kecil berasal dari daun. Air dari akar dibawa ke daun oleh sel-sel xilem.

karbon Dioksida

Lubang kecil yang disebut stomata memungkinkan daun tanaman untuk mengambil karbon dioksida. Molekul-molekul karbon yang digunakan dalam pembuatan glukosa melalui fotosintesis.

oksigen

Tanaman menggunakan oksigen untuk memecah makanan sumber karbohidrat mereka. Karena tanaman membuat lebih banyak oksigen daripada yang diperlukan untuk tujuan ini, limbah oksigen dilepaskan ke udara melalui stomata.

tahapan

Fotosintesis terjadi secara bertahap. Air dikumpulkan dari akar dan ditransfer melalui tanaman daun, pada saat yang sama, daun menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Pada tahap berikutnya, daun menangkap sinar matahari melalui pigmen klorofil hijau dan menyimpan energi untuk digunakan kemudian. Akhirnya proses fotosintesis mengubah air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen digunakan sebagai makanan bagi tumbuhan dan oksigen yang dilepaskan ke atmosfer melalui daun.

Gula dan Pati

Glukosa, gula, digunakan oleh tanaman untuk kebutuhan energi terdekatnya. Kelebihan glukosa diubah menjadi pati dan yang disimpan di akar, daun atau buah-buahan selama siklus reproduksi tanaman.


Artikel lainnya: Apakah Produk Hasil Fotosintesis Pengertian dan Proses Fotosintesis Proses Reaksi terang fotosintesis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *