Perbedaan Massa dan Berat

By | September 2, 2014

Perbedaan Massa dan Berat. Massa adalah jumlah materi yang hadir dalam tubuh sementara berat badan adalah ukuran seberapa kuat gravitasi menarik pada materi. Massa adalah properti intrinsik dari tubuh dan tetap sama dimanapun tubuh berada. Berat adalah sebuah gaya, dan gaya adalah (Massa * Percepatan). Berat sebuah benda kali massa percepatan karena gravitasi. Berat tubuh berbeda menurut tempat. Misalnya, benda akan memiliki berat yang kurang di bulan karena gravitasinya lebih rendah dibandingkan dengan Bumi.

Tabel Perbedaan Massa dengan Berat

Massa

Berat

Definisi Massa adalah jumlah materi dalam zat. Berat adalah sebuah ukuran gaya gravitasi bekerja pada suatu benda.
Pengaruh gravitasi: Massa yang selalu konstan di setiap tempat dan setiap saat Berat suatu benda tergantung pada gravitasi di tempat itu
Satuan pengukuran: Massa dinyatakan dalam kilogram (kg), gram (g), dan miligram (mg). Berat dinyatakan dalam newton (V)
Jenis besaran Besaran pokok dan besaran Skalar Besaran turunan dan besaran Vektor

Penggunaan berat badan vs massa

Dalam ilmu fisika, istilah “massa” dan “berat” yang ketat didefinisikan sebagai tindakan terpisah untuk memberlakukan kejelasan dan ketelitian. Dalam penggunaan sehari-hari, mengingat bahwa semua massa di bumi memiliki berat badan dan hubungan ini biasanya sangat proporsional, berat sering berfungsi untuk menggambarkan kedua sifat, artinya tergantung pada konteks. Misalnya, dalam perdagangan, berat bersih produk ritel sesungguhnya merujuk pada massa dan benar dinyatakan dalam pound (US) atau kilogram. Sebaliknya, beban indeks rating pada ban mobil, yang menentukan beban struktural maksimum untuk ban dalam kilogram, mengacu pada berat badan, yaitu gaya gravitasi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *