Perbedaan Organel hewan dan Tumbuhan

By | March 16, 2014

Perbedaan Organel hewan dan Tumbuhan. Dalam istilah ilmiah, organel merupakan satu kesatuan dalam tumbuhan atau hewan sel yang melakukan fungsi tertentu. Untuk memahami bagaimana organel cocok dalam sel, menganggap mereka mirip dengan organ-organ dalam manusia. Sama seperti manusia memiliki organ, seperti jantung, paru-paru dan hati, yang melakukan fungsi penting, sel memiliki apa saja yang dasarnya organ kecil yang melakukan fungsi penting bagi mereka. Meskipun sel hewan dan tumbuhan yang mirip dalam banyak hal, mereka juga memiliki beberapa perbedaan penting.

Struktur seluler

Organel SelUntuk memahami organel, hal ini membantu untuk mengetahui bagaimana mereka masuk ke dalam struktur selular. Organisme kompleks, seperti tumbuhan dan hewan, terdiri dari berbagai sel. Setiap sel memiliki fungsi yang unik dalam dalam organisme dan terdiri dari berbagai bagian. Ini termasuk membran, yang berfungsi sebagai lapisan luar sel. Di dalam membran ini adalah di mana organel disimpan.

Organel Bersama

Semua sel, apakah mereka tumbuhan atau hewan, mengandung lisosom, ribosom, sitoplasma, membran sel, mitokondria, aparatus Golgi dan inti dengan sebuah nucleolus. Antara hewan dan tumbuhan, bagian-bagian sel yang berbeda pada dasarnya sama fungsi dalam cara yang sama, dengan satu pengecualian, disebut vakuola. Fungsi vakuola tergantung pada jenis sel, vakuola tumbuhan cenderung sangat besar, sering terdiri dari sampai dengan 90 persen dari sel. Vakuola hewan yang sangat kecil atau kadang-kadang tidak hadir sama sekali. Di luar ini, sel-sel tumbuhan mengandung beberapa organel sel hewan yang tidak memiliki, dan sel-sel hewan mengandung satu organel yang tumbuhan tidak memiliki.

Organel Hewan

Sel hewan mengandung organel yang disebut sentriol. Sentriol selalu datang berpasangan dan terdiri dari seikat sembilan triplet mikrotubulus. Sentriol duduk di luar inti dan memainkan peran dalam pembelahan sel pada hewan. Seperti sel membelah, para sentriol berpisah. Beberapa sel hewan masih dapat membagi bahkan jika sentriol rusak. Sel tumbuhan membagi tanpa sentriol, sehingga para ilmuwan tidak positif tahu tentang apa pentingnya sentriol ada di divisi. Apa yang diketahui adalah bahwa sel-sel hewan tanpa sentriol cenderung memiliki lebih banyak kesalahan dalam pembelahan, sedangkan sel tumbuhan, yang tidak pernah memiliki sentriol, tampaknya tidak mengalami kesalahan tambahan.

Organel Tumbuhan

Sel tumbuhan mengandung organel yang disebut amyloplast, yang tidak ada dalam sel-sel hewan. Amyloplast ini tidak hadir dalam setiap sel tumbuhan, tetapi ketika itu hadir, amyloplast yang terikat di dalam membran dalam sel. Tujuannya adalah untuk menyimpan pati dan mengubah pati menjadi gula ini ketika sel membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini sering ditemukan pada umbi-umbian, akar dan buah-buahan, seperti pisang dan apel. Sel tumbuhan juga mengandung disebut organel kloroplas, yang mana fotosintesis dan produksi ATP berlangsung. Kloroplas tumbuhan memberikan warna hijau yang membuat mereka berbeda.


Artikel lainnya: Contoh Bakteri Berbahaya bagi Manusia dan Hewan Jenis Organel sel Hewan dan Tumbuhan Arti Sel Mitokondria Hewan Apakah Fungsi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Persamaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *