Persamaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Persamaan Sel Hewan dan Tumbuhan. Meskipun mereka berbeda dalam struktur, tumbuhan dan hewan berbagi fungsi dasar kehidupan termasuk respon terhadap rangsangan dan reproduksi. Kebutuhan yang serupa mereka untuk udara dan air menghasilkan kesamaan dalam struktur. Bagaimana mereka menggunakan bahan baku dari lingkungan berbeda, tentu saja. Namun, baik tumbuhan dan hewan yang mampu melakukan pertumbuhan, dengan menggunakan beberapa sumber daya tersebut.

Tingkatan sel

Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel Hewan dan Tumbuhan

Meskipun sel-sel tumbuhan dan hewan sangat berbeda, mereka berbagi struktur dasar yang sama. Sel-sel setiap organisme kedua terdiri dari inti tersuspensi dalam sitoplasma, substansi yang ada dalam membran sel. Mereka berdua memiliki organel yang disebut mitokondria, yang merupakan tempat produksi energi dan juga mengandung RNA dan DNA. Kedua sel tumbuhan dan hewan memiliki ribosom yang merupakan tempat untuk produksi protein dalam sel.

Transportasi Makanan

Keduanya tumbuhan dan hewan berevolusi untuk mengangkut makanan dan air melalui sistem mereka. Pada hewan, fungsi ini dilakukan oleh sistem pencernaan dan aliran darah. Tumbuhan vaskular menggunakan jaringan struktur seperti tabung yang disebut xilem dan floem untuk melakukan aksi serupa. Tumbuhan vaskular berbeda dari tumbuhan non-vascular yang harus bergantung pada lingkungan mereka untuk mengangkut air melalui sistem mereka.

Sistem Tertutup

Sebuah sistem biologi tertutup berisi makanan organisme dan sumber daya energi dan melindungi dari bahaya potensial dari lingkungannya. Tumbuhan dan hewan keduanya memiliki sistem tertutup, dengan tempat terbatas pertukaran dengan lingkungan. Tumbuhan memiliki stomata atau pori-pori pada daun mereka untuk pertukaran gas. Hewan memiliki sistem pernapasan yang memungkinkan mereka untuk melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen. Tumbuhan dan hewan dapat mengontrol pertukaran gas. Selain itu, tumbuhan dapat menutup stomata mereka selama panas, kondisi kering untuk mencegah hilangnya kelembaban.

Ketergantungan air

Tumbuhan dan hewan keduanya tergantung pada air dan lingkungan yang berair dalam jaringan mereka. Jasad kedua jenis organisme mengandung air yang menyelesaikan tujuan yang sama. Air dalam tanaman itu membantu menjaga tekanan turgor sehingga batang dapat tetap tegak. Demikian pula, air mendukung struktur tubuh hewan, memberikan bentuk dan bentuk.

Protein

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Plant Physiology menemukan bahwa tanaman dan hewan berbagi protein serupa. Para ilmuwan menunjukkan bahwa kelas ini protein telah berubah sedikit selama proses evolusi, yang dapat menjelaskan struktur serupa di kedua tumbuhan dan hewan. Studi ini juga menemukan bahwa kurangnya protein ini melemahkan individu.

Artikel terkait Persamaan Sel Hewan dan Tumbuhan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Materi SMA © 2014